5 Aplikasi Terbaik Untuk Resolusi Keuangan Tahun Ini

Di awal tahun, banyak yang bertanya kepada diri sendiri maupun teman terbaik, "Apa resolusi tahun ini?". Perlu diketahui, salah satu dari sekian banyak resolusi yang menjadi pilihan banyak orang, dan merupakan sesuatu yang masih sulit untuk ditepati, adalah resolusi dalam hal keuangan. Kunci dari mengatur keuangan pribadi merupakan keberanian untuk disiplin menepati apa yang sudah direncanakan, semua yang sudah tertulis hitam di atas putih. Sebaik apapun sebuah perencanaan dibuat dan secanggih apapun fasilitas yang dimiliki, tanpa komitmen dan tekad kuat, rasanya mustahil bisa mengatur keuangan pribadi dengan mudah.




Artikel ini akan memandu kita dalam membuat perencanaan keuangan pribadi. Sekali lagi, dari prinsip utama di atas, dapat dikatakan: dengan fasilitas dan rencana yang sangat matang saja kita masih sering kedodoran dalam mengatur keuangan pribadi, bagaimana jika tanpa fasilitas dan renacana sebijipun? Untuk itu, langsung saja kita simak, apa saja sih aplikasi terbaik untuk resolusi keuangan tahun ini? Ini dia:

1. Mint


Mint merupakan satu paket alat pengelola keuangan yang sangat bagus. Kemampuan yang dimiliki antara lain: membantu melacak pengeluaran, penghasilan, dan bahkan tagihan bulanan kita. Satu dari beberapa fitur terbaik yang dimiliki oleh Mint adalah membawa seluruh informasi keuangan kita, tanpa terkecuali, ke dalam satu akun kontrol. Rekening bank, rekening tabungan, kartu kredit, dan semuanya, terkonsolidasi di dalam satu tempat yang dapat dipantau sesuai keinginan kita. Jika kamu sering menangani banyak rekening, aplikasi ini sangat membantu karena mampu menyimpan segala hal tentang keuangan dalam satu tools tunggal yang dapat diupdate secara otomatis sehingga tidak perlu lagi mengelola banyak buku cek atau memeriksa beberapa situs atau aplikasi secara bergantian yang tentunya sangat merepotkan.

Di samping fungsi dasar, Mint juga memiliki banyak alat yang akan membantu kita tetap terhubung melalui gadget. Mint memecah semua pengeluaran ke dalam kategori yang berbeda, mulai dari hiburan, tagihan, pembelian gas, juga makanan, dan memungkinkan kita melihat pengeluaran dalam beberapa cara yang berbeda. Dapat melakukan sortir data pengeluaran, memperlihatkan transaksi individu (dari rekening cek atau kartu kredit) atau melihat semua pengeluaran dalam satu grafik yang sangat menarik. Grafik sangat berguna untuk menentukan pengeluaran mana yang paling besar dalam suatu periode. Dengen mengetahui statistik pengeluaran, kita dapat melakukan evaluasi untuk tujuan perbaikan perencanaan keuangan di masa depan.

Mint juga menawarkan beberapa cara yang berbeda untuk melacak tagihan dan rekening. Memiliki fitur peringatan otomatis ketika tagihan kita memasuki masa jatuh tempo, atau rekening yang berada pada level saldo rencah, atau bahkan pengeluaran yang mencurigakan dari setiap rekening yang kita miliki. Dalam memperingatkan, bisa melalui email atau bahkan sms. Di penghujung setiap bulan, Mint akan mengirimkan email yang berisi detail mengenai bagaimana kita menghabiskan uang dan memberikan saran tentang bagaimana sebaiknya untuk meningkatkan tabungan.

Mint merupakan satu dari beberapa aplikasi dengan fitur terbaik dalam kategorinya. Jika kamu mencari sesuatu untuk mengatasi masalah keuangan pribadi maupun asisten keuangan pribadi untuk menelusuri arus keuangan, Mint adalah pilihan yang tidak terbantahkan.

Download Mint di Google Play Store.

2. Ledgerist


Ledgerist adalah aplikasi yang sangat dasar jika dibandingkan dengan fitur-fitur milik Mint. Intinya adalah sebuah buku besar digital sebagai buku pengecekan keuangan di dalam handphone.

Dengan Ledgerist kita memiliki pilihan untuk mengatur beberapa akun yang berbeda yang dapat diberi nama sesuai selera kita. Setelah melakukan pengaturan saldo awal untuk masing-masing akun, kita dapat menambahkan transaksi baik itu penarikan maupun pemasukan. Kurang lebih seperti itu fungsi dasarnya.

Ledgerist belum mengakomodasi adanya integrasi ke dalam akun yang telah ada sebelumnya atau memperbaharui data secara otomatis, sehingga kita perlu secara manual melakukan input setiap terjadi pengeluaran atau pemasukan. Jika yang dicari adalah aplikasi yang dapat mengelola keuangan secara otomatis tanpa banyak inpu, Ledgerist kurang sesuai. Tapi, jika yang dibutuhkan hanya untuk merekam seberapapun banyaknya uang yang kita terima atau keluarkan, aplikasi ini cukup simpel dan mudah untuk dimengerti.

Disamping menelusuri dan menampilkan pengeluaran, kita dapat mengelola semua transaksi yang ada. Masing-masing transaksi dapat diberi nama dan catatan, termasuk juga tanggal. Sangat berguna untuk mengurutkan transaksi sesuai dengan kategori yang diinginkan bahkan untuk hal yang sangat spesifik, seperti menonton film atau makan bersama rekan. Sekali lagi, Ledgerist tidak akan melakukan secara otomatis, tetapi bisa menjadi alat yang sangat berguna bagi seseorang yang ingin mengelola pengeluaran dengan mudah.

Download Ledgerist di Google Play Store.

3. Manilla


Manilla adalah aplikasi dengan fitur maksimal yang secara ringkas menyimpan semua akun dan tagihan kita ke dalam satu database. Lebih dari sekedar mengelola tagihan dan akun keuangan, ia mampu menambahkan hal-hal baru semacam berlangganan sebuah program berhadiah sebagaimana akun bank pada umumnya.

Untuk memulai, kita akan membuat akun Manilla, kemudian satu persatu menambahkan akun untuk tetap dalam berada dalam pengawasan kita. Manilla mendukung lebih dari 3000 jenis akun yang mana termasuk kartu kredit tradisional, akun bank, dan tagihan normal, dan juga mencakup langganan majalah dan Netflix. Semua akun ini secara otomatis diupdate dan disimpan dalam database aplikasi, sehingga memudahkan untuk memeriksa secara sekilas seluruh situasi keuangan kita. Di atas semua itu, Manilla merupakan alat yang sangat istimewa dalam hal menjaga kita dari kelalaian terhadap tagihan. Kita dapat dengan mudah memeriksa laporan tagihan yang berbeda, mengatur pengingat, dan yang paling istimewa, Manilla dapat menyimpan gambar/foto tagihan untuk disimpan, dikirim via email, hingga dicetak. Seperti memiliki sebuah laporan keuangan lengkap yang tidak lagi berwujud kertas-kertas berserakan namun di dalam sebuah perangkat genggam yang sangat simpel dan dapat dibawa kemanapun kita pergi.

Kekurangan Manilla, ada beberapa jenis akun yang tidak dapat ditelusuri, misal seperti sewa, sehingga untuk akun tersebut tidak didukung dengan tagihan dan pengingat yang dapat kita sesuaikan. Secara keseluruhan, Manilla sangat fleksibel untuk menelusuri apa yang menurt kita penting.

Kita dapat mengelola akun Manilla melalui smartphone, tablet, dan tatap muka internet, sehingga di manapun kita berada, kita tetap terhubung dengan alat pengelola keuangan pribadi. Jika kamu membutuhkan solusi bijak yang juga menawarkan banyak fleksibilitas, Manilla tersedia gratis dan sangat layak untuk dimiliki.

Download Manilla di Google Play Store.

4. Check


Pageonce telah ada sebelumnya namun kini berganti nama menjadi Check. Check agaknya mencoba lebih dekat secara personal dalam mengelola keuangan pribadi dibandingkan dengan aplikasi keuangan tedaftar. Tidak hanya menampilkan status keuangan terkini dan mengingatkan kita terhadap tagihan, Check akan membayarkan tagihan untuk kita. Sayangnya, untuk menggunakan fitur ini kita harus mengisi saldo kita di dalam Check terlebih dulu. Namun bagaimanapun ini adalah solusi cerdas.

Untuk memulai menggunakan Check, kita harus memasukkan akun yang berbeda yang ingin kita kelola seperti kartu kredit dan kartu debit. Setelah itu, Check akan memonitor dana dan tagihan kita, dan jika menghendaki, ia akan secara otomatis membayarkan tagihan itu. Kita dapat mengatur Check sehingga setiap tanggal tertentu dalam satu bulan akan membayar tagihan listrik, air, TV, telepon, bahkan kartu kredit. Tidak akan pernah lagi kekhawatiran akan terlambat membayar tagihan.

Sekarang mungkin sudah banyak aplikasi yang menawarkan pembayaran langsung atas tagihan kita. Yang menjadi masalah adalah aplikasi-aplikasi tersebut hanya mendukung sejumlah kecil akun tagihan yang berbeda. Tidak demikian dengan Check yang lebih banyak pilihan akun yang mampu dibayar secara otomatis. Begitu banyak daftar hal-hal yang mampu diselesaikan oleh Check dan hanya melalui handphone/tablet yang kita miliki.

Jika kita pernah dipusingkan dengan keamanan data finansial, kini tidak perlu khawatir karena Check menggunakan kemanan level bank dengan keamanan tiga lapis untuk melindungi informasi pribadi kita. Dukungan penguncian PIN, penguncian jarak jauh, juga melengkapi sistem kemanan aplikasi. Layanan Check dimonitor oleh pihak ketiga seperti McAfee dan Verisign.

Jika kamu memiliki banyak tagihan yang harus dikelola atau kamu termasuk pelupa untuk membayar tagihan secara tepat waktu, Check sangat layak untuk dimiliki.

Download Check di Google Play Store.

5. Financial Calculators


Aplikasi-aplikasi di atas rasanya kurang lengkap tanpa kalkulator keuangan. Financial Calculators namanya, sebuah aplikasi yang memuat berbagai jenis kalkulator untuk mengetahui berapa banyak uang yang akan kita habiskan.

Boleh diakui bahwa dengan kalkulator biasa kita sudah bisa melakukan banyak perhitungan, termasuk uang, tetapi Financial Calculators lebih sederhana daripada apa yang biasa kita lakukan. Ia dapat menangi hal dasar seperti berapa banyak kita harus memberi tip, membayar tagihan kartu kredit secara berkala, perhitungan suku bunga, dan pembayaran minimal atas sebuah hutang yang kita ambil. Financial Calculators memberitahu kita berapa lama kita akan terus membayar sebuah tagihan. Jika kita harus menangani sesuatu yang lebih komplek, ia juga menyelesaikan perhitungan pembayaran hutang mobil dengan cara menghitung sebuah pembayaran berdasarkan kondisi kelayakan mobil, mobil yang kita tukar tambah, biaya bunga, pembayaran di muka, dan banyak lagi yang perlu diperhitungkan.

Jika belum cukup, Financial Calculators melakukan perhitungan pendanaan kembali dan sewa reguler, dana pensiun, KPR, ROI (Return On Investment), saham, dan percaya atau tidak, bahkan mencakup kalkulator yang biasa kita gunakan. Sebagai aplikasi gratisan, ia dapat menyelesaikan segala jenis persamaan keuangan yang cukup memusingkan dengan sangat mengagumkan.

Kita tidak akan bisa mengatur seluruh anggaran hanya dengan Financial Calculators, tetapi aplikasi ini melengkapi aplikasi lain yang sudah terdaftar dengan sangat apik. Bahkan jika kita tidak membutuhkan sesuatu apapun untuk mengatur keuangan, Financial Calculators masih tetap aplikasi hebat untuk melakukan berbagai jenis operasi perhitungan.

Download Financial Calculators di Google Play Store.




Itulah 5 aplikasi keuangan terbaik untuk resolusi keuangan tahun ini dari Google Play Store yang akan membantu kita mengawasi anggaran pengeluaran dan pendapatan. Punya ide lain tentang aplikasi keuangan yang lebih baik? Mari berbagi opini di kotak komentar :)

Related

teknologi 3027892417433101387

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Top Rate

Recent Post

Comments

Text Widget

item