Keunggulan iOS 9 yang Kamu Wajib Tau!

Kelebihan iOS 9

Lebih hemat baterai, begitu klaim Apple pada acara peluncuran iOS 9. Hanya itu?

Bersamaan dengan peluncuran smartphone terbarunya (16/9), Apple juga memperkenalkan kepada para pengguna setia iPhone, iOS 9. Sejumlah media mengabarkan iOS 9 memiliki lebih banyak keunggulan dibanding iOS versi sebelumnya, iOS 8. Yang paling menarik, katanya iOS terbaru ini mampu menghemat baterai iPhone hingga 3 jam lebih lama daripada pada saat menggunakan iOS lama. 

Ini dia keunggulan iOS 9 yang kamu wajib tau:

1. Hemat Baterai

Pada saat peluncurannya, Apple menyebutkan bahwa iOS 9 lebih hemat baterai daripada iOS 8. Banyak inovasi terkait efisiensi daya yang diusung oleh sistem operasi terbaru smartphone besutan Apple itu. Tanpa ragu, Apple menyebutkan iOS 9 mampu membuat iPhone bertahan 1 jam lebih lama. Tidak terlalu signifikan, tapi lumayan lah. 

2. Power Saving

Dilansir oleh Forbes, iOS 9 dilengkapi dengan fitur power saving sebagaimana yang telah dimiliki oleh Android. Fitur ini menjadi salah satu yang paling dinanti oleh pengguna iPhone. Keberadaannya mampu membuat smartphone mampu bertahan hingga 3 jam lebih lama daripada daya tahan baterai yang ditawarkan oleh sistem operasi sebelumnya. 

Perlu disadari bahwa fitur power saving menghemat baterai handphone dengan cara menonaktifkan beberapa fungsi yang sedang berjalan, hanya bedanya sudah disediakan beberapa mode hemat. 

3. Hemat Kapasitas

Jika iOS sebelumnya menuai banyak kritik karena konsumsi kapasitas internal yang cukup besar (4GB), Apple kini menjamin bahwa iOS 9 akan lebih ramah pengguna. iOS 9 dikatakan hanya butuh ruang sebesar 1,3 GB untuk dapat beroperasi. Dengan begitu, pemilik iPhone 16GB pun dapat bernafas lebih lega.

4. Multitasking

Fitur ini sudah ada di iPhone, namun belum ada di iPad sebelumnya. Kini, pengguna iPad, khususnya iPad Air 2, iPad Mini, dan iPad Pro yang telah meng-upgrade sistem operasinya ke iOS 9 dapat ikut menikmati kemudahan berpindah-pindah aplikasi dengan fitur multitasking.

5. Siri yang Lebih Baik

Di iOS 9, Siri terasa lebih pintar! Siri pada iOS 9 dapat menjawab pertanyaan atau permintaan yang lebih kompleks, misalnya “tunjukan foto-foto bulan lalu”. Siri menjadi 40 persen lebih akurat dan 40 persen lebih cepat. Pembaca dapat meminta bantuan Siri untuk mengingatkan kembali untuk melanjutkan bacaannya. Ditambah lagi, secara tampilan masih lebih oke dibanding iOS sebelumnya. Keren lah pokoknya. 

6. Asisten Proactive

Cara kerja fitur baru ini mirip dengan Google Now, yaitu mengumpulkan seluruh konten yang ada dalam gadget sehingga mampu memberikan bantuan kepada pengguna bahkan sebelum pengguna menentukan aplikasi yang dibutuhkan. Sedikit perbedaan dengan Google Now, fitur asisten proactive ini tidak menyimpan data pengguna bahkan di server Apple sekalipun. Semua data hanya akan tersimpan di dalam gadget untuk alasan perlindungan terhadap privasi pengguna.

7. Keyboard yang Lebih Baik

Pengguna iPad akan dimanjakan dengan adanya fitur quicktype. Dengan quicktype pengguna memiliki kemudahan autocomplete pada saat mengetik sebagaimana ditemukan pada papan ketik Android. Pintasan atau shortcut salin, tempel, atau potong juga dibenamkan ke dalam papan ketik pada iOS 9. Menggunakan iOS 9, mengetik jadi lebih mudah.

Di samping 7 keunggulan tersebut, iOS 9 masih memiliki beberapa hal yang patut diacungi jempol. Seperti pembaruan pada Apple Maps yang mampu melihat denah ruangan dalam gedung, Notes yang mendukung tulisan tangan, Safari Ad Blocker yang akan menjauhkan spammer dari browser kita, serta hadirnya inovasi berita terbaru, yakni Apple News yang diklaim akan menjadi pesaing Flipboard. 

Satu lagi di iOS 9, saat ada panggilan dari nomor tak dikenal, iPhone akan memindai email untuk menebak siapa kira-kira nomor tersebut. Menarik bukan, sudah coba?

Related

teknologi 871905548251727552

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Top Rate

Recent Post

Comments

Text Widget

item